10 Cara Menjadi Dropshipper Agar Cepat Untung dengan Modal Kecil

Rhoman D. Febrianto

Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak bisnis yang bisa dilakukan. Nah, salah satunya adalah bisnis dropship. Pasti kamu telah akrab dengan istilah dropship, kan?

Drop Shipping atau sering kita dengar dropship adalah model bisnis online yang hanya bermodalkan toko online saja untuk berjualan. Cocok nih untuk ibu-ibu rumah tangga bisa sambil mengurus anak.

Cara menjadi dropshipper kini semakin mudah kok, dengan sistem dropship kamu bisa menjalankan bisnis tanpa modal awal loh. Dropship memberikan berbagai keuntungan dengan modal kecil bahkan nggak pake modal guys alias “gretong”.

CARA MENJADI DROPSHIPPER SUKSES ITU GIMANA CARANYA SIH?

Dropship merupakan konsep pemasaran di mana kamu sebagai reseller hanya perlu menawarkan barang ke konsumen saja. Kemudian untuk masalah pengiriman akan langsung dilakukan oleh supplier kepada konsumen.

1. Tentukan Produk Apa yang Mau Kamu Jual

Tentukan Produk

Tentukan Produk

Langkah pertama ini biasanya yang paling membingungkan. Tentunya kamu mau menjual produk yang sifatnya berkelanjutan dan berpeluang besar bukan?

Nah, ada beberapa syarat yang harus kamu pertimbangkan sebelum mengambil keputusan:

  • Jangan terlalu banyak jual berbagai macam produk.
  • Jual produk yang spesifisik.
  • Hindari menjual produk yang sifatnya sementara, cari yang bisa bertahan lama.
  • Nggak mudah rusak, karena pemasaran secara online di mana biasanya pengirimannya cenderung berada di beberapa daerah.
  • Pastikan produk tersebut sudah resmi terdaftar, sehingga nggak terjadi masalah perijinan di saat brand kamu sudah berskala besar.
  • Hindari produk yang punya banyak kompetitor ‘raksasa’.
  • Pilih produk yang mudah dikirim dan berukuran kecil.

2. Target Pembeli Produk

Target Pembeli Produk

Target Pembeli Produk

Setelah kamu memilih produk yang ingin dijual, sekarang saatnya untuk menentukan siapakah target pemasaran kamu.

Tentukan target market secara spesifik, jenis kelamin, mulai dari usia, hobi, serta faktor lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai pendekatan dan promosi.

Jangan sepelekan langkah ini guys, karena dengan mengetahui target pasar, maka kamu bisa memasarkan produk lebih fokus lagi sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Analisis Kompetitor

Analisis kompetitor

Analisis kompetitor

Apabila kamu sudah lolos dari kompetitor “raksasa”. Jangan senang dulu masih banyak kompetitor lain.

Jika kamu ingin mendapatnya kesempatan pemasaran yang baik. Nah, salah satunya adalah menganalisis kompetitor, cari apa kekurangan dan keunggulan mereka.

Caranya dengan mencatat 5 kompetitor terbesar kamu saat ini, tulis apa keunggulan dan kelemahan mereka. Lalu bandingkan dengan produk yang akan kamu jual nanti.

Bagaimana kamu mengatasi keunggulan mereka agar bisa memenangkan persaingan dan gunakan kelemahan mereka sebagai bahan pembelajaran bisnis kamu.

4. Cari Supplier

Cari supplier

Cari supplier

Nah guys, setelah kamu benar-benar yakin dengan pilihan produk, target pemasaran dan kondisi pasar yang berpeluang, maka langkah selanjutnya adalah mencari supplier alias sumber pemasok produk.

Langkah ini seru loh guys. Karena di sini kamu harus berlomba mencari supplier dengan harga termurah, serta kualitas yang tepat, di media online manapun dan dengan ribuan reseller lainnya.

Nah, setelah kamu mendapatkan harga murah dengan kualitas baik. Maka keuntungan kamu akan semakin besar, bukan?

5. Tentukan Harga Jual

Tentukan Harga Jual

Tentukan Harga Jual

Nah, buat kamu para dropshipper online, jangan terlalu berharap punya keuntungan yang tinggi dari setiap produk yang dijual. Nah, cobalah mengatur sebesar 10-20% sudah lebih dari cukup kok untuk setiap produk yang kamu jual.

Karena kamu kan nggak perlu ngeluarin modal untuk beli produk terlebih dulu, cuma modal pemasaran aja. Jadi, usahakan harga yang kamu tentukan tidak terlalu mahal untuk memulai bisnis menjadi dropship ini ya.

6. Analisis dan Evaluasi Ulang

Analisis dan evaluasi ulang

Analisis dan evaluasi ulang

Melakukan analisis dan evaluasi ulang termasuk hal penting dalam setiap kegiatan. Nah, ini berguna untuk memperbaiki kekurangan dalam strategi pemasaran dan selalu mengikuti perkembangan zaman.

Cara ini bisa kamu lakukan untuk mendapat perkembangan dari strategi yang kamu sudah lakukan. Nah, dengan begitu pemasaran kamu akan selalu menjadi lebih baik guys.

7. Tentukan Identitas Brand

Tentukan identitas brand

Tentukan identitas brand

Lalu, gimana guys caranya biar saya bisa punya identitas brand yang kuat? Nah, melakukan analisis dan penyesuaian dari apa yang sudah kamu kerjakan sebelumnya untuk mendapatkan brand yang simpel dan mudah diingat orang.

Untuk memperjelas identitas brand, kamu harus juga bisa memberikan gaya, emosi, nilai tersendiri kepada pelanggan. Sehingga, pelanggan akan lebih mudah mengingat brand yang kamu miliki dan juga menjadi daya tarik sendiri untuk membuat pelanggan baru menjadi pelanggan tetap loh.

8. Menentukan Nama Brand

Menentukan nama brand

Menentukan nama brand

Agar kamu mempunyai brand yang lebih kuat, maka harus didukung dengan nama brand yang tepat pula. Nama brand ini akan terus melekat selama kita menjadi reseller online. Kecuali kamu membuat brand baru lainnya.

Maka dari itu pemilihan nama brand nggak boleh dilakukan sembarangan. Masalah nama brand kamu harus mencari nama yang nggak pasaran, belum dipakai orang dan “berani beda”.

9. Pilih Media Penjualan

Pilih media Penjualan

Pilih Media Penjualan

Nah, media sosial adalah salah satu kunci sukses untuk memasarkan produk saat ini. Sebut saja Facebook dan Instagram. Kedua media sosial ini sangat populer sebagai lahan untuk mengembangkan usaha dan memaksimalkan keuntungan.

Hal yang perlu dilakukan untuk memasarkan produk adalah membuat akun khusus untuk online shopping kamu. Kalau nggak mau repot, kamu bisa saja langsung memanfaatkan akun pribadi untuk memasarkan produk tersebut.

Nah di tahap ini, kamu mulai bisa mengenalkan keberadaan brand kepada target audiensi, tentu setelah persiapan sudah oke ya.

10. Tonjolkan Brand Personality

Nah tips terakhir, sesuai dengan tujuan awal artikel ini yakni menjadi reseller sukses yang memiliki brand terkenal, maka kamu perlu memamerkan keunikan brand kamu tersebut kepada para pelanggan.

Salah satu caranya adalah dengan teknik copywriting dalam setiap promosi. Cara itu berguna loh menarik pelanggan dengan cepat.

So, bagaimana guys? Sudah siap menjadi dropshipper. Cara menjadi dropshipper  di atas adalah salah satu cara kamu sukses hanya dengan kerja di rumah loh. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya guys.

Sumber :https://www.tipspintar.com

Please follow and like us:

Komentar